RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Tema :Hidup Sehat
Kelas/Semester : 1/l
Alokasi Waktu : 1 X 35 menit ( 1 X pertemuan)
Hari/Tanggal :
l. STANDAR KOMPETENSI
PKN
Melakukan kegitan kebersihan di sekolah
PKN
IPS
Kemampuan mengenal lingkungan rumah dan peristiwa penting dilingkungan keluarga
BAHASA INDONESIA
Melakukan kegiatan hidup sehat
IPS
Menjaga kebersihan ingkungan dengan membisakan diri hidup sehat
MATEMATIKA
Melakukan berhitung dengan menggunakan gambar-gamabar buah-buaha
SENI MUSIK
Menyanyikan sebuah lagu dengan intonasi jelas
PENJAS
Melakukan kegiatan belajar sambil bermain dengan melalukan gerakan tubuh
ll. KOMPETENSI DASAR
PKN
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
IPS
Menceritakan pengalaman diri
Siswa mampu menjelaskan lingkungan rumah yang sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: melaksananakan sesuatu dengan perintah
Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
Membaca nyaring suku kata dengan dengan menghafal tepat
Mencontoh huruf kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
MATEMATIKA
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
Mengenal panjang suatu bendaa melalui kalimat sehari-hari (pendek dan panjang) dan membandingkanya
mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
IPA
Mengidentifikasi macam-macam buah-buahan yang menggandung vitamin
Mengenal ciri-ciri sayuran dan buah-buahan yang memiliki beragam warna
Mampu mengkelompokan jenis buah-buahan menurut jenis vitamin
Seni Musik
menunjukan sikap spresiatif terhadap sumber bunyi yang di hasilkan tubuh manusia
menyayikan lagu dengan benar
Penjaskes
menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
mengenal pentingnya imunisasi
memperaktikan gerak dasar jalan dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas ,kejujuran,kerjasama toleransi dan percaya diri
lll. INDIKATOR
PKN
Menjelaskan cara hidup sehat
Menjelaskan ciri-ciri rumah bersih dan hidup sehat
Menceritakan prilaku dalam menjaga kebersihan dan keamanan dirumah dan disekolah
IPS
Menjelaskan bagainmana cara membersihkan anggota badan
Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh
Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan
BAHASA INDONESIA
Melafalkan bunyi secara tepat
Mencocokan gambar sesuai dengan informasi yang didengarkan sehingga dapart di pahami
Mengidentifikasi kata-kata kunci daei bacaan agak panjang
Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat di baca oleh orang lain
Menuliskan kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa yang di dektekan guru
Menulis dengan menggunakan huruf sambung
MATEMATIKA
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Menterjemaahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke dalam kalimat sehari-hari
IPA
Membandingkan perbedaan warna buah-buahan yang mengandung vitamin
Memberikan makna hasil pengamatan
Dapat menunjukan bagai mana cara kerja vitamin dalam tubuh
Dapat menyebutkan buah-buhan dan sayuran yang sehat untuk tubuh
Menjaga kebersijihan diri,dirumah, dan di sekolah
Membuang sampah pada tempatnya
Menerangkan gunanya vitamin A untuk tubuh
SENI MUSIK
Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui tempo
PENJAS
Menjaga keselamatan diri dan orang lain
Berkerja sama dalam permainan
Membersihkan anggota badan sesuai aturan
lV. TUJUAN PEMBELAJARAN
IPA
Siswa mampu Membedakan vitamin dengan melihat warna buah-buahan.
Siswa mampu mengenali jenis-jenis sayuran yang mengandung vitamin
Siswa mampu menjelaskan vitamin apa saja yang terkandung dalam buah-buahan yang sering mereka makan.
BAHASA INDONESIA
Siswa dapat menerapkan kebersihan di kelas dengan membuang sampah pada tempatnya
Setiap habis melakukan kegiatan siswa di biasakan untuk mencuci tangan agar terhindar dari kuman
Siswa mampu bersikap aktif dalam menyikapi lingkungannya
MATEMATIKA
Siwa dapat mengitung harga buah dalam soal cerita atu gambar
Siswa dapat menghitung jumlah buah per kg nya
PKN
siswa mampu melakukan hidup sehat dengan melakukan kebersihan tubuh
siswa menerapkan hidup sehat baik disekolah ataupun dirumah
PENJAS
Siswa dapat melaukan senam pagi sebagai peregangan otot
Siswa membiasakan diri untuk berolahraga agar tubuh bugar
IPS
Siswa dapat menjelaskan cara hidup sehat
Siswa dapat menceritakan kebiasaan hidup sehat
Siswa dapat mencertakan contoh penerapan hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari
SENI MUSIK
Siswa dapat menyanyikan lagu dengantema kebersihan
V. MATERI PEMBELAJARAN
IPA
Menjelaskanvitamin
Vitamin yang larut dalam air dan larut dalam lemak
Fungsi vitamin dalam tubuh
BAHASA INDONESIA
Kebersihan lingkungan
Manfaat kebersihan
PKN
Gaya hidup sehat di masyarakat
MATEMATIKA
Menghitung buah-buahan
SENI MUSIK
Menyanyikan lagu anak-anak
IPS
Lingkungan sehat
PENJAS
Olah raga senam pagi
VI. METODE PEMBELAJARAN
Tanya jawab
Diskusi
Pemberian tugas ( LKS )
VII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
pendahuluan
Ber doa
Mengabsen kehadiran siswa
IPA
a. Kegiatan Awal ( 5 menit )
a. Guru mengkondisikan siswa ke situasi belajar
b. Guru memberi motivasi melalui Tanya jawab agar siswa mampu mengenali jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin.
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. dapat Memahami fungsi dari vitamin sebagai pengatur tubuh
e. Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna)
Makanan pokok
Lauk pauk
Sayuran
Buah-buahan
Susu
f. Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar, seperti:
g. Tidak membeli makanan yang terbuka.
h. Jika membeli makanan yang tertutup perhatikan cara pengolahannya.
i. Sayurang yang dimakan mentah harus benar-benar dicuci bersih.
j. Sayuran jangan dimasak terlala matang karena dapat merusak zat gizi.s
k. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
l. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Kegiatan inti ( 20 menit )
a. Guru menjelaskan materi tentang ciri-ciri jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin melalui Tanya jawab.
b. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin ada disekitar kita.
c. Siswa melaksanakan diskusi kelompok tentang materi ada jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin disekitar kita.
d. Guru membimbing siswa agar aktif mengerjakan LKS.
e. Guru memberikan koreksi hasil diskusi kelompok.
f. Menyebutkan beberapa jenis vitamin dan manfaatnya
g. membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
h. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
i. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
j. memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
k. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Kegiatan Akhir (10 menit )
a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin dan bergizi yang seimbang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, air dan vitamin.
d. Guru mengadakan evaluasi
BAHASA INDONESIA
Kegiatan Awal:
a. Guru memotivasi siswa dengan tanya jawab tentang perlu nya menjaga kesehatan
b. Guru memebirikan contoh kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan
c. Guru menjelaskan pentingnya hidup bersih
Kegitan Inti:
a. Siswa di ajak beriteraksi dengan melakukan tanya jawab
b. Siswa mendengarkan materi kebersihan lingkungan
c. Siswa di kelompokan untuk melakukan diskusi
Kegiatan Akhir:
a. Guru bertanya jawab tentang materi kebersihan lingkungan
b. Guru memberi kesimpulan tentang penting nya hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan
c. Evaluasi
PKN
Kegiatan awal:
a. Guru mengkondisikan siswa
b. Guru melakukan tanya jawab tentang hidup sehat
c. Guru mengkelompokan siswa untuk melakukan diskusi
Kegiatan Inti:
a. Guru menjelaskan materi hidup sehat dengan melakukan mandi minimal 2X sehari
b. Guru melakukan tanya jawab tentang materi hidup sehat
c. Guru memberi kan tugas ke siswa dengan melakukan diskusi
d. Guru membantu siswa yang belum memahami materi tersebut
Kegiatan akhir:
a. Guru menjelaskan kembali materi hidup sehat
b. Guru mengkoreksi hasil siswa dengan melakukan tanya jawab
c. Guru memberikan kesimpulan
d. Guru melakukan evaluasi
IPS
Kegiatan awal:
a. Guru mengkondisikan siswa
b. Guru menjelaskan materi lingkungan hidup sehat
c. Guru menyampaikan materi dengan btanya jawab
Kegiatan inti:
a. Guru menyampaikan sebuah penjelasan materi tentang lingkungan hidup sehat
b. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang lingkungan hidup sehat
c. Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat yang di guanakan untuk membersihkan rumah
d. Guru memberi tugas tentang materi yang di sampaikan
e. Guru membantu siswa yang belim paham dalam mengerjakan tugasnya
Kegiatan Akhir:
a. Guru melakukan evaluasi
b. Guru memanggil siwa sevcara bergantian untuk mendemonstarikan gambar di depan kelas
c. Siswa maju di depan kelas secara bergantian
d. Guru menilai hasil masing-masing siswa
e. siswa bersama guru menyusun kesimpulan
MATEMATIKA
Keagiatan Awal:
a. guru mengajak siswa melakukan berhitung 1-500
b. Menentukan bilangan 1 sampai 500
c. Menentukan bilangan lebih besar
d. Menentukan bilangan lebih kecil
e. Menyusun bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar.
f. Menyusun bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil.
g. guru memberikan soal cerita dengan menggunakan buah-buahan sebagai media
h. guru memberikan tugas
kegiatan inti:
a. guru menjelaskan materi di atas
b. guru membimbing siswa untuk mengitung dengan tepat
c. guru membuat soal dan siswa diminta untuk maju kedepan
kegiatan Akhir:
a. guru menjelaskan kembali materi tersebut
b. guru melakukan koreksi dengan menyuruh siswa maju kedepan satu persatu
c. guru memberikan kesimpulan agar siswa paham
d. guru memberikan motivasi agar siswa mampu menerjakannya
e. evaluasi
BAHASA INDONESIA
Kegiatan Awal:
a. Guru membacakan materi dengan mendikte
b. Siswa diminta untuk menyimak
c. Siswa diminta untuk mendengarkan apa yang sedang guru jelaskan
Kegiatan inti:
a. Guru menyuruh siswa membaca nyaring
b. Guru menjelaskan matei hidup sehat
c. Guru memberikan soal tanya jawab
Kegiatan Akhir:
a. Guru menjelaskkan kembali materi hidup sehat
b. Guru memberikan tugas rumah
c. Duru memberikan evaluaso
MEDIA DAN SUMBER
a. Sumber Pembelajaran
• Kurikulum Tingkat satuan pendidikan ( KTSP ) SD
• Buku paket IPA kelas V SD BSE
• LKS
Vlll. EVALUASI
A. Prosedur Evaluasi
• Awal :
• Proses : Mengamati keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan
• Akhir : tes tertulis isian
B. Alat Evaluasi
Tes tertulis obyektif
Penilaian tertlis subyektif
Penilaian lisan
Penilaian tingkah lak
D.Kriteria penilaian
1. Setiap jawaban yang benar diberi 2
2. Setiap jawaban yang salah diberi 0
3. Skor maksimal 10
4. Nilai akhir jumlah jawaban yang benar
Skor maksimal
Dosen penguji Mahasiswa
kelompok 10