Dhe'Echi sedang berusaha sangat keras untuk mem...

Dhe'Echi sedang berusaha sangat keras untuk mem...
hmm

Senin, 26 Desember 2011

RPP TEMATIK KELAS RENDAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
Tema                       :Hidup Sehat
Kelas/Semester       : 1/l
Alokasi Waktu        : 1 X 35 menit ( 1 X pertemuan)
Hari/Tanggal            :
l. STANDAR KOMPETENSI
PKN
     Melakukan kegitan kebersihan di sekolah
PKN
IPS
     Kemampuan mengenal lingkungan rumah dan peristiwa penting dilingkungan keluarga
BAHASA INDONESIA
     Melakukan kegiatan hidup sehat
IPS
Menjaga kebersihan ingkungan dengan membisakan diri hidup sehat
MATEMATIKA
     Melakukan berhitung dengan menggunakan gambar-gamabar buah-buaha
SENI MUSIK
     Menyanyikan sebuah lagu dengan intonasi jelas
PENJAS
     Melakukan kegiatan belajar sambil bermain dengan melalukan gerakan tubuh



ll. KOMPETENSI DASAR
PKN
     Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
      Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
IPS
     Menceritakan pengalaman diri
     Siswa mampu menjelaskan lingkungan rumah yang sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
BAHASA INDONESIA
     Mendengarkan: melaksananakan sesuatu dengan perintah
     Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
     Membaca nyaring suku kata dengan dengan menghafal tepat
     Mencontoh huruf kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
MATEMATIKA
     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
     Mengenal panjang suatu bendaa melalui kalimat sehari-hari (pendek dan panjang) dan membandingkanya
     mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
IPA
     Mengidentifikasi  macam-macam buah-buahan yang menggandung vitamin
     Mengenal ciri-ciri sayuran dan buah-buahan yang memiliki beragam warna
     Mampu mengkelompokan jenis buah-buahan menurut jenis vitamin
Seni Musik
     menunjukan sikap spresiatif terhadap sumber bunyi yang di hasilkan tubuh manusia
     menyayikan lagu dengan benar
Penjaskes
     menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
     mengenal pentingnya imunisasi
     memperaktikan gerak dasar jalan dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas ,kejujuran,kerjasama toleransi dan percaya diri

lll. INDIKATOR
PKN
     Menjelaskan cara hidup sehat
     Menjelaskan ciri-ciri rumah bersih dan hidup sehat
     Menceritakan prilaku dalam menjaga kebersihan dan keamanan dirumah dan disekolah
IPS
     Menjelaskan bagainmana cara membersihkan anggota badan
     Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh
     Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan
BAHASA INDONESIA
     Melafalkan bunyi secara tepat
     Mencocokan gambar sesuai dengan informasi yang didengarkan sehingga dapart di pahami
     Mengidentifikasi kata-kata kunci daei bacaan agak panjang
     Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat di baca oleh orang lain
     Menuliskan kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa yang di dektekan guru
     Menulis dengan menggunakan huruf sambung
MATEMATIKA
     Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
     Menterjemaahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke dalam kalimat sehari-hari
IPA
     Membandingkan perbedaan warna buah-buahan yang mengandung vitamin
     Memberikan makna hasil pengamatan
     Dapat menunjukan bagai mana cara  kerja vitamin dalam tubuh
     Dapat menyebutkan buah-buhan dan sayuran yang sehat untuk tubuh
     Menjaga kebersijihan diri,dirumah, dan di sekolah
     Membuang sampah pada tempatnya
     Menerangkan gunanya vitamin A untuk tubuh
SENI MUSIK
     Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui tempo
PENJAS
     Menjaga keselamatan diri dan orang lain
     Berkerja sama dalam permainan
     Membersihkan anggota badan sesuai aturan
lV. TUJUAN PEMBELAJARAN
IPA
     Siswa mampu Membedakan vitamin dengan melihat warna buah-buahan.
     Siswa mampu mengenali jenis-jenis sayuran yang mengandung vitamin
     Siswa mampu menjelaskan vitamin apa saja yang terkandung dalam buah-buahan yang sering mereka makan.
BAHASA INDONESIA
     Siswa dapat menerapkan kebersihan di kelas dengan membuang sampah pada tempatnya
     Setiap habis melakukan kegiatan siswa di biasakan untuk mencuci tangan agar terhindar dari kuman
     Siswa mampu bersikap aktif dalam menyikapi lingkungannya

MATEMATIKA
     Siwa dapat mengitung harga buah dalam soal cerita atu gambar
     Siswa dapat menghitung jumlah buah per kg  nya
PKN
     siswa mampu melakukan hidup sehat dengan melakukan kebersihan tubuh
     siswa menerapkan hidup sehat baik disekolah ataupun dirumah
PENJAS
     Siswa dapat melaukan senam pagi sebagai peregangan otot
     Siswa membiasakan diri untuk berolahraga agar tubuh bugar

IPS
     Siswa dapat menjelaskan cara hidup sehat
     Siswa dapat menceritakan kebiasaan hidup sehat
      Siswa dapat mencertakan contoh penerapan hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari
SENI MUSIK
     Siswa dapat menyanyikan lagu dengantema kebersihan
V. MATERI PEMBELAJARAN
IPA
     Menjelaskanvitamin
     Vitamin yang larut dalam air dan larut dalam lemak
     Fungsi vitamin dalam tubuh
BAHASA INDONESIA
     Kebersihan lingkungan
     Manfaat kebersihan

PKN   
     Gaya hidup sehat di masyarakat

MATEMATIKA
     Menghitung buah-buahan
SENI MUSIK
     Menyanyikan lagu anak-anak
IPS
     Lingkungan sehat
PENJAS
     Olah raga senam pagi
VI. METODE PEMBELAJARAN
     Tanya jawab
     Diskusi
     Pemberian tugas ( LKS )


VII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
pendahuluan
     Ber doa
     Mengabsen kehadiran siswa

IPA
a.    Kegiatan Awal ( 5 menit )
a.    Guru mengkondisikan siswa ke situasi belajar
b.    Guru memberi motivasi melalui Tanya jawab agar siswa mampu mengenali jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin.
c.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.    dapat Memahami fungsi dari vitamin sebagai pengatur tubuh
e.    Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna)
     Makanan pokok
     Lauk pauk
     Sayuran
     Buah-buahan
     Susu
f.    Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar, seperti:
g.    Tidak membeli makanan yang terbuka.
h.    Jika membeli makanan yang tertutup perhatikan cara pengolahannya.
i.    Sayurang yang dimakan mentah harus benar-benar dicuci bersih.
j.    Sayuran jangan dimasak terlala matang karena dapat merusak zat gizi.s
k.    Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
l.    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Kegiatan inti ( 20 menit )
a.    Guru menjelaskan materi tentang ciri-ciri jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin melalui Tanya jawab.
b.    Siswa diberi kesempatan bertanya tentang jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin ada disekitar kita.
c.    Siswa melaksanakan diskusi kelompok tentang materi ada jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin disekitar kita.
d.    Guru membimbing siswa agar aktif mengerjakan LKS.
e.    Guru memberikan koreksi hasil diskusi kelompok.
f.    Menyebutkan beberapa jenis vitamin dan manfaatnya
g.    membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
h.    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
i.    memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
j.    memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
k.    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Kegiatan Akhir (10 menit )
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c.    Guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang jenis-jenis buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin dan bergizi yang seimbang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, air dan vitamin.
d.    Guru mengadakan evaluasi

BAHASA INDONESIA
Kegiatan Awal:
a.    Guru memotivasi siswa dengan tanya jawab tentang perlu nya menjaga kesehatan
b.    Guru memebirikan contoh kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan
c.    Guru menjelaskan pentingnya hidup bersih
Kegitan Inti:
a.    Siswa di ajak beriteraksi dengan melakukan tanya jawab
b.    Siswa mendengarkan materi kebersihan lingkungan
c.    Siswa di kelompokan untuk melakukan diskusi
Kegiatan Akhir:
a.    Guru bertanya jawab tentang materi kebersihan lingkungan
b.    Guru memberi kesimpulan tentang penting nya hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan
c.    Evaluasi
PKN
Kegiatan awal:
a.    Guru mengkondisikan siswa
b.    Guru melakukan tanya jawab tentang hidup sehat
c.    Guru mengkelompokan siswa untuk melakukan diskusi
Kegiatan Inti:
a.    Guru menjelaskan materi hidup sehat dengan melakukan mandi minimal 2X sehari
b.    Guru melakukan tanya jawab tentang materi hidup sehat
c.    Guru memberi kan tugas ke siswa dengan melakukan diskusi
d.    Guru membantu siswa yang belum memahami materi tersebut
Kegiatan akhir:
a.    Guru menjelaskan kembali materi hidup sehat
b.    Guru mengkoreksi hasil siswa dengan melakukan tanya jawab
c.    Guru memberikan kesimpulan
d.    Guru melakukan evaluasi

IPS
Kegiatan awal:
a.    Guru mengkondisikan siswa
b.    Guru menjelaskan materi lingkungan hidup sehat
c.    Guru menyampaikan materi dengan btanya jawab
Kegiatan inti:
a.    Guru menyampaikan sebuah penjelasan materi tentang lingkungan hidup sehat
b.    Guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang lingkungan hidup sehat
c.    Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat yang di guanakan untuk membersihkan rumah
d.    Guru memberi tugas tentang materi yang di sampaikan
e.    Guru membantu siswa yang belim paham dalam mengerjakan tugasnya
Kegiatan Akhir:
a.    Guru melakukan evaluasi
b.    Guru memanggil siwa sevcara bergantian untuk mendemonstarikan gambar di depan kelas
c.    Siswa maju di depan kelas secara bergantian
d.    Guru menilai hasil masing-masing siswa
e.    siswa bersama guru menyusun kesimpulan
MATEMATIKA
Keagiatan Awal:
a.    guru mengajak siswa melakukan berhitung 1-500
b.     Menentukan bilangan 1 sampai 500
c.    Menentukan bilangan lebih besar
d.    Menentukan bilangan lebih kecil
e.    Menyusun bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar.
f.    Menyusun bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil.
g.    guru memberikan soal cerita dengan menggunakan buah-buahan sebagai media
h.    guru memberikan tugas
kegiatan inti:
a.    guru menjelaskan materi di atas
b.    guru membimbing siswa untuk mengitung dengan tepat
c.    guru membuat soal dan siswa diminta untuk maju kedepan
kegiatan Akhir:
a.    guru menjelaskan kembali materi tersebut
b.    guru melakukan koreksi dengan menyuruh siswa maju kedepan satu persatu
c.    guru memberikan kesimpulan agar siswa paham
d.    guru memberikan motivasi agar siswa mampu menerjakannya
e.    evaluasi

BAHASA INDONESIA
Kegiatan Awal:
a.    Guru membacakan materi dengan mendikte
b.    Siswa diminta untuk menyimak
c.    Siswa diminta untuk mendengarkan apa yang sedang guru jelaskan
Kegiatan inti:
a.    Guru menyuruh siswa membaca nyaring
b.    Guru menjelaskan matei hidup sehat
c.    Guru memberikan soal tanya jawab
Kegiatan Akhir:
a.    Guru menjelaskkan kembali materi hidup sehat
b.    Guru memberikan tugas rumah
c.    Duru memberikan evaluaso

MEDIA DAN SUMBER
a.    Sumber Pembelajaran
•    Kurikulum Tingkat satuan pendidikan ( KTSP ) SD
•    Buku paket IPA kelas V SD BSE
•    LKS


Vlll. EVALUASI
A.    Prosedur Evaluasi
•    Awal        : 
•    Proses        :  Mengamati keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan
•    Akhir        :  tes tertulis isian

B.    Alat Evaluasi
     Tes tertulis obyektif
     Penilaian tertlis subyektif
     Penilaian lisan
     Penilaian tingkah lak
D.Kriteria penilaian
1.    Setiap jawaban yang benar diberi 2
2.    Setiap jawaban yang salah diberi 0
3.    Skor maksimal 10
4.    Nilai akhir jumlah jawaban yang benar
Skor maksimal


Dosen penguji                                                            Mahasiswa


                                                                                  kelompok 10